INOVASI TATAPAN MATA ARTIS

Bahwa dalam rangka implementasi pelayanan prima penerbitan akta perkawinan bagi penduduk non muslim di Kabupaten Boalemo, perlu adanya suatu inovasi yaitu Penetapan Langsung Terima Akta Perkawinan dan Antar Gratis (TATAPAN MATA ARTIS) bekerjasama dengan pemimpin agama

 

Pelaksanaan dan Mekanisme Inovasi TATAPAN MATA ARTIS

  1. Pemimpin agama dalam hal ini Pendeta, Paradita dan atau sebutan lainnya menerima permohonan dari calon pasangan suami istri tentang waktu pelaksanaan pemberkatan.
  2. Pemimpin agama memberikan akses via media elektronik kepada calon pasangan suami istri untuk menyerahkan persyaratan pencatatan perkawinan kepada Dinas Dukcapil Kab Boalemo.
  3. Petugas pada Dinas Dukcapil Kab Boalemo menerima dan memverifikasi berkas dokumen persyaratan serta menginput data pada aplikasi SIAK), selanjutnya pengumuman penetapan perkawinan dalam bentuk PDF dikirimkan secara elektronik kepada pemimpin agama.
  4. Pemimpin agama memberikan nomor registrasi pemberkatan pasangan suami istri sebagai bahan penginputan penerbitan akta perkawinan.
  5. Pasanagan suami istri pada pelaksanaan penetapan perkawinan menyiapkan dokumen persyaratan asli yang akan dijadikan arsip di Dinas Dukcapil Kabupaten Boalemo.
  6. Petugas yang membidangi pencatatan sipil pada Dinas Dukcapil Kab. Boalemo melaksanakan penetapan perkawinan ke tempat yang di tentukan oleh pasangan suami istri dan langsung menyerahkan akta perkawinan, KTP dan Kartu Keluarga pada pasangan suami istri.

Persyaratan penerbitan AktaPerkawinan Non Muslim

  1. Surat Keterangan Belum Pernah Kawin dari Kepala Desa
  2. Foto Copy KTP  (Masing-Masing)
  3. Foto Copy KK (Masing-masing)
  4. Foto Copy Kutipan Akta Perceraian dan/atau KUtipan Akta Kematian (bagi mereka yang cerai atau pasangan yang telah meninggal)
  5. Foto Copy Akta Kelahiran (masing-masing)
  6. Surat ijin wali atau orang tua yang belum mencapai 2i Tahun
  7. Penetapan pengadilan bagi wanita yang belum berusia 16 Tahun dan Pria 19 Tahun
  8. Izin dari Kesatuan/Komandan bagi TNI/Polri
  9. Izin dari Kedutaan/konsul/perkawinan Negara (bagi WNA)
  10. Pasport (bagi WNA)

PELAKSANAAN  LAYANAN  INOVASI TATAPAN MATA ARTIS  ANDA TIDAK PERLU DATANG KE KANTOR DUKCAPIL DAN LANGSUNG DAPAT TIGA DOKUMEN YAITU:

  1. AKTA PERKAWINAN
  2. KARTU KELUARGA
  3. KTP-el

GRATIS TANPA DIPUNGUT BIAYA

Layanan konsultasi dan Pengaduan

Kontak        : 085256707255

Email           : Dukcapilboalemo99@gmail.com

Facebook     : Inovasi Dukcapil Kabupaten Boalemo